Perencanaan, Instalasi & Pemeliharaan Jaringan Komunikasi Radio

Rakomindo merupakan sebuah badan usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi berbasis radio analog dan digital  telah berhasil mengimplementasikan radio komunikasi di berbagai perusahaan pertambangan, perkebunan, rumah sakit, universitas, pusat perbelanjaan, gedungperkantoran, hotel, kantor pemerintah daerah, kantor pelayanan publik seperti dinas pemadam kebakaran dan di bidang kelautan atau marine.

Site Survey

Bagian yang paling penting dari perencanaan jaringan adalah survei lokasi tujuannya untuk memverifikasi kesesuaian kebutuhan pemasangan yang akan diusulkan. Teknisi kami yang sudah berpengalaman untuk survei lokasi ini menggunakan alat-alat canggih yang sangat akurat.

Survei lokasi ini mencakup:

  • Perencanaan coverage jaringan
  • Penentuan ketinggian antena
  • Verifikasi lokasi untuk unit indoor dan outdoor
  • Pengecekan propagasi dan kemungkinan interferensi
  • Sumbercatudaya
  • Tata letak kabel
  • Akses Site
  • Kebutuhan instalasi yang lebih spesifik di lokasi.

Perencanaan Jaringan

Kami selalu bekerjasama dengan Customer kami untuk menentukan design jaringan komunikasi radio yang sesuai dengan kebutuhan mereka, selain itu kami juga memberikan solusi yang paling tepat dengan performance produk yang handal dan selalu mempertimbangkan biaya yang paling efektif. Kami juga mempertimbangkan sistem yang kami tawarkan dapat dikembangkan di masa yang akan datang.

perencanaan jaringan komunikasi radio

Instalasi Sistem Komunikasi Radio

Implementasi jaringan mencakup semua tahap pelaksanaan berdasarkan rencana desain jaringan  yang telah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pelanggan . Kami menguasai implementasi jaringan agar memenuhi semua aspek yang di inginkan.

Kami menggunakan alat ukur yang akurat dan software yang canggih untuk menjamin kinerja radio sesuai dengan keinginan pelanggan

Kami memiliki  tim yang berpengalaman serta ahli dalam Instalasi Radio, yang mampu melakukan survei dan menguasai sistem komunikasi radio berbagai macam produk pabrikan.

Teknisi kami memiliki kualifikasi bekerja di ketinggian serta punya kemampuan menghadapi bahaya peralatan telekomunikasi.

Pemeliharaan Sistem Komunikasi Radio

Pemeliharaan sistem komunikasi radio sangat penting, tujuannya untuk memastikan bahwa semua perangkat dapat berfungsi dengan baik. Jika ditemukan hal-hal yang menyebabkan radio tidak dapat berfungsi maka akan dikembalikan kepada parameter awal saat instalasi. Ada dua jenis pemeliharaan jaringan komunikasi radio:

Prefentive Maintenance

Prefentive Maintenance tujuannya untuk memastikan bahwa perangkat radio tersebut berfungsi dengan standar-standar dari pabrik pembuatan, mulai dari mengukur power, SWR dan juga melakukan tindakan pencegahan yang dinilai dapat merusak siklus hidup perangkat radio tersebut.

Corrective Maintennace

Corrective Maintenance tujuannya untuk memperbaiki perangkat-perangkat yang rusak atau tidak berfungsi. Serta menemberikan saran apakah perangkat tersebut harus di upgrade kembali.

Pelatihan Teknis dan Operator Radio

Kami juga dapat memberikan pelatihan penggunakan radio kepada setiap staf anda. Ini adalah sebuah langkah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan sistem radio baru di setiap proyek yang dijalankan. Kami menyediakan fasilitas pelatihan dari berbagai level, yaitu:

  • Melatih Trainer

    Kami sanggup melatih bagian SDM Anda melakukan pelatihan kepada setiap staf secara efektif dalam menggunakan peralatan radio dengan benar.
  • Pelatihan Teknis

    Kami sediakan sebagai sarana bagi tenaga teknis yang ditempatkan di lokasi-lokasi pemeliharaan sistem infrastruktur atau sambungan layanan.
  • Pelatihan Dispatcher,

    Pelatihan kepada petugas keamanan dan setiap petugas yang bertugas di bagian operasional atau bagian pengaturan staf sesuai kebutuhan. Staf Anda akan mendapatkan pelatihan untuk mengoperasikan system jaringan komunikasi yang anda butuhkan