TANTANGAN

Pembangunan jaringan infrastruktur komunikasi Industri pertambangan, perkebunan, ekspedisi, dan lain-lain, di daerah-daerah lapangan eksplorasi seringkali menemukan berbagai kendala. Padahal komunikasi merupakan faktor kunci untuk terjadinya sinkronisasi perintah antara pusat dan petugas di lapangan demi kelancaran aktivitas produksi maupun eksplorasi.

SOLUSI

Solusi kami mengintegrasikan sistem dan proses aktivitas produksi maupun komunikasi para pelaku Industri Resources dari hulu hingga ke hilir, baik upstream maupun downstream.

Teknologi kami yang inovatif dan berbasis infrastruktur handal melancarkan kegiatan operasi pertambangan di daerah terpencil sekalipun karena kami memfasilitasi alat komunikasi antara manajemen pusat dan petugas lapangan. Dengan begitu, perusahaan dapat fokus pada misi peningkatan efisiensi dan kinerja eksplorasi demi kelangsungan produksi.

MENGAPA HARUS DIGITAL RADIO?

  • PERFORMANCE
  • EFFICIENT
  • FEATURE
  • SECURED

Digital mobile radio (DMR) adalah standar terbuka digital mobile radio yang dikeluarkan oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI). Standar ini dirancang untuk beroperasi pada saluran 12.5kHz.

Kedepannya persyaratan yang akan dikeluarkan adalah kesamaan pada saluran 6.25kHz sehingga dapat menghemat sumberdaya terbatas frekwensi radio.

Tujuan utama adalah untuk menentukan sistem digital yang terjangkau dengan kompleksitas rendah. Tetapi dapat memberikan suara dan data serta layanan tambahan lainnya.

PERFORMANCE

Suara yang sangat jernih

Dengan teknologi Digital error-correction menghasilkan suara yang sangat kuat dan sangat jernih dibandingkan analog

Static and noise rejection

Dengan teknologi Digital receivers reject secara otomatis mampu memperkecil suara-suara yang dapat mengganggu komunikasi.

EFISIEN

  • Hemat Frekwensi

Dengan teknologi TDMA (Time division multiple access) satu frekwensi dapat dibagi menjadi 2 slot sehingga dapat menghemat penggunakan frekwensi. Dalam hal ini satu frekwensi dapat digunakan sebagai jalur data dan satu lagi sebagai jalur voice (suara) atau keduanya digunakan untuk jalur voice

  • Baterai lebih Kuat

Dengan teknologi TDMA kapasitas baterai lebih banyak yaitu antara 19% sampai 34% jika dibandingkan dengan radio yang menggunakan teknologi FDMA. Penggunaan baterai lebih irit 40% dibandingkan dengan radio analog.

FEATURE

  • Digital Calling & Signaling

  • Lone Worker

Lone Worker dapat menfasilitasi jika pemegang radionya tidak melakukan aktifitas

–  Sebuah radio dapat diprogram untuk selalu melaporkan aktivitasnya pada waktu-waktu tertentu. Jika user tidak melaporkan kegiatannya maka radio tersebut akan memberikan peringatan suara.

–  Jika user radio tersebut tetap tidak melaporkan aktivitasnya maka secara otomatis radio tersebut akan memberikan signal emergency kepada radio lain dalam 1 groupnya.

Efektif digunakan oleh patroli keamanan dan operator di ruang-ruang mesin dll

 

  • Man Down

Man Down Notifier (MDN) sebuah solusi yang efektif secara otomatis dapat memberitahukan apabila seseorang mengalami kecelakaan kerja. Fungsi MDN ini akan memberikan signal emergency kepada radio yang lain dalam 1 group apabila pemegang radio tersebut mengalami kecelakaan.

  • GPS Tracking & Geofencing
  • Jaringan Luas

  1. Terhubung menggunakan IP dengan area tambang yang lain
  2. Dapat digunakan lokal saja (1 site)
  3. Dapat menghubungkan beberapa repeater dengan band berbeda (cross band)

 

  • Dispatcher

Dispatcher yang di tempatkan di HO dapat melakukan:

    1. Panggilan langsung kepada salah 1 radio dalam 1 jaringan (Private Call)
    2. Panggilan langsung kepada beberapa radio dalam 1 group dalam 1 jaringan  (Group Call)
    3. Panggilan langsung kepada semua radio dalam 1 jaringan (Broadcast)
    4. Menghentikan pembicaraan radio lain apabila dalam situasi emergency (Call Interupt)
    5. Panggilan langsung melalui Telepon (Telephone Interconnect)
    6. Mengirim text message kepada seluruh radio atau kepada salah satu atau kepada salah 1 group dalam satu jaringan.(Text Message)
    7. Merekam pembicaraan seluruh radio (Voice Recording)
    8. Melihat status radio (Enable/Disable)
    9. Menghapus radio untuk masuk kedalam jaringan (Radio Kill)
    10. Mengirimkan Panggilan darurat (Emergency Call)
    11. Melihat posisi pengguna radio (GPS Tracking)
    12. Dll

 

Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi:
PT RADIO KOMUNIKASI INDONESIA
Jl. Ahmad Yani Komp Patra II No. 32
Cempaka Putih - Jakarta Pusat 10510
(021) 4212697 - 4211477 - 081281917839
PIN BB 763D5AF3
Email : info@radiokomunikasi.com