Banyak pertanyaan yang muncul dalam benak para calon pembeli radio komunikasi yang cocok untuk mereka gunakan berkomunikasi dalam lingkungan pekerjaan ataupun dalam lingkungan yang lain. Setiap orang yang akan membeli radio handy talky / rig / mobile station / base station menginginkan jarak jangkauan dari radio yang akan dibeli diharapkan bisa mencapai jarak sejauh mungkin, padahal secara teknis dan spesifikasi yang tercantum dalam setiap radio tidak pernah ada yang menjamin berapa KM atau berapa mil jarak jangkauan radio komunikasi tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membeli handy talky.

    1. Frekwensi range

Setiap merk dan type handy talky memiliki range frekwensi yang berbeda-beda, beberapa merk seperti ICOM, ALINCO, KENWOOD memiliki frekwensi yang sama pada type yang sama. Contoh: IC V80 frekwensi kerjanya pada 136 – 174 MHz. Berbeda dengan Motorola, HYT, Vertex, ketiga merk ini pada umumnya tidak membedakan type untuk setiap range frekwensinya.Contohnya Motorola GP338 frekwensi range nya:

  1. VHF 136 – 174MHz
  2. UHF 330 – 380MHz
  3. UHF 403 -  470MHz
  4. UHF 450 – 527MHz

 

Motorola GP3188 :

      1. VHF 136 – 162 MHx
      2. VHF 146 – 174 MHz

Jika range frekwensi antara 2 buah pesawat berbeda tentu kedua pesawat tersebut tidak akan bias saling berhubungan seperti Icom IC-V80 dengan GP338 UHF 330 – 380MHz, karena frewensi kerja kedua pesawat ini tidaklah sama. Untuk itu anda harus mengetahui frekwensi kerja yang akan anda gunakan sebelum memutuskan untuk membeli handy talky.

Pengalaman beberapa pengguna mengatakan, Handy Talky dengan frekwensi VHF apabila digunakan di tempat terbuka akan lebih jauh jangkauannya dibandingkan pesawat dengan frekwensi UHF, tetapi di dalam gedung bertingkat pengalaman menyatakan bahwa pesawat dengan frekwnsi UHF bias lebih efektif digunakan dibandingkan pesawat dengan frekwensi VHF

2. Power.

Semakin besar power sebuat pesawat tentu akan semakin jauh jangkauannya, walaupun jarak jangkauan ini sangat ditentukan oleh jenis antenna yang digunakan dan medan penggunaan pesawat tersebut. Pilihlah pesawat radio yang lebih besar daya pancarnya karena dipastikan pesawat radio dengan daya pancar yang lebih besar akan lebih luas jangkauannya dibandingkan dengan pesawat dengan daya pacar lebih kecil.

3. Baterai.

Ada beberapa jenis baterai yang umum digunakan pada pesawat handy talky seperti, Ni Cd, Ni Mh, Li-Ion. Tentunya perilaku setiap jenis baterai ini berbeda-beda, selengkapnya dapat di baca pada artikel cara merawat baterai

Yang paling penting diperhatikan adalah kemampuan setiap baterai ini adalah berbeda-beda, semakin besar kapasitas baterainya akan semakin lama baterai tersebut bias digunakan.

4. Garansi

Pilihlah pesawat handy talky yang bergaransi, rata-rata semua perangkat radio yang dijual dipasaran disertakan juga dengan kartu garansi, tetapi beberapa toko radio komunikasi terkadang tidak menyertakan kartu garansi ini dikarenakan perangkat tersebut tidak terdaftar secara resmi di distributor utama.

5. Fitur Fitur dari Handy Talky

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan handy talky sebaiknya sebelum membeli perangkat radio komunikasi tersebut ada baiknya ada terlebih dahulu membaca fitur-fitur yang ada dalam perangkat yang akan ada gunakan seperti VOX, DTMF, Emergency, Backlight, battery meter, dll. Sebuah perangkat handy talky akan semakin bagus jika terdapat banyak fitur didalamnya.

6. Tahan air / Waterproof

Ada baiknya ada memperhatikan poin ini. Jika penggunakan handy talky tersebut di luar ruangan tentu anda harus memperhitungkan bahwa handy talky yang akan anda gunakan tersebut harus mampu digunakan di segala kondisi cuaca. Terlebih jika ada menggunakan radio komunikasi tersebut di laut (kapal) Hal utama yang harus anda perhitungkan selain poin-poin yang sudah disebutkan diatas, handy talky yang tahan terhadap air ini harus anda utamakan sebelum anda menjatuhkan pilihan.